Langsung ke konten utama

BAHASA INDONESIA: MODUL 5



MODUL V (BAB V)

NAMA                                     :   SITTI NURHALIZAH WULANDANI
NIM                                         :   C12116328
FAKULTAS/ JURUSAN           :   KEDOKTERAN/ ILMU KEPERAWATAN

TUGAS 1
Pilihlah satu ide pokok berikut ini kemudian kembangkan menjadi satu atau dua paragraf yang utuh dengan pola paragraf induktif atau deduktif.
1.    Kebudayaan Indonesia kaya dengan nilai-nilai gotong royong.
2.    Pemakai bahasa Indonesia mengenal dua ragam, yaitu ragam baku dan ragam nonbaku.
3.    Setiap orang berakhlak pasti antikorupsi.
4.    Indonesia telah mampu mengembangkan industri.

Perkembangan Industri di Indonesia
            Indonesia merupakan negara berkembang yang kaya akan sumber daya alam. Kekayaan yang dimiliki ini sudah sepatutnya berjalan seiringan dengan pertumbuhan ekonominya. Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia kian meningkat seiring peningkatan teknologi yang ada, salah satu buktinya adalah dengan menjamurnya pertumbuhan beberapa kawasan industri di tengah kehidupan masyarakat. Industri merupakan salah satu bukti dari kemampuan Indonesia dalam perkembangannya.

TUGAS 2
Susunlah kalimat berikut menjadi sebuah paragraf yang baik.
1.    Sebelum dikembalikan tentu saja dibaca dan dibuatkan ringkasannya.
2.    Dengan begitu bila buku tersebut dikembalikan di perpustakaan, kita tidak perlu mencari buku itu, tetapi cukup membaca ringkasannya.
3.    Sampai waktunya harus dikembalikan.
4.    Buku-buku atau literatur di peprpustakaan sekolah atau di perguruan tinggi biasanya boleh dipinjam dengan jangka waktu tertentu, sesuai dengan peraturan perpustakaan.

Jawab :
Buku-buku atau literatur di peprpustakaan sekolah atau di perguruan tinggi biasanya boleh dipinjam dengan jangka waktu tertentu, sesuai dengan peraturan perpustakaan. Sampai waktunya harus dikembalikan. Sebelum dikembalikan tentu saja dibaca dan dibuatkan ringkasannya. Dengan begitu bila buku tersebut dikembalikan di perpustakaan, kita tidak perlu mencari buku itu, tetapi cukup membaca ringkasannya.






TUGAS 3
Bacalah baik-baik paragraf berikut, kemudian tentukan ide pokok dan tipe pengembangan paragrafnya.
            Pemerintah menyadari bahwa rakyat Indonesia memerlukan rumah murah, sehat, dan kuat. Dinas pekerjaan umum sudah lama menyelediki bahan rumah yang murah, tetapi kuat. Agaknya bahan perlit yang diperoleh dari batu-batuan gunung berapi sangat menarik para perhatian ahli. Bahan ini tahan api dan tahan air. Lagi pula, bahan perlit dapat dicetak menurut keinginan seseorang. Usaha ini menunjukkan bahwa pemerintah berusaha membangun rumah murah, sehat, dan kuat untuk memenuhi keperluan rakyat.

Jawab :
Ide pokok dari paragraf tersebut adalah “Usaha pemerintah menjadikan bahan perlit sebagai bahan rumah untuk pembangunan rumah murah, sehat, dan kuat untuk rakyat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANATOMI: KATA BENDA YANG MENYATAKAN LUBANG, SALURAN DAN RUANGAN

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh . Berdasarkan postingan sebelumnya mengenai “ ANATOMI: ANATOMI DASAR ”, berikut adalah lanjutan pembahasan salah satu dari beberapa istilah yang sering digunakan dalam ilmu anatomi. Postingan SnoWhite Education kali ini akan membahas tentang istilah latin yang sering digunakan berdasarkan “Kata benda yang menyatakan lubang, saluran dan ruangan”. 1.         Foramen    :    Lubang (Contoh foramen, lihat kata yang terdaoat foramennya). FORAMEN MAGNUM              2.         Fissure       :    Celah FISSURE (DEEP GROVE)    3.         Apertura    :    Pintu (Untuk contoh, lihat gambar sebelumnya). APERTURA PELVIS SUPERIOR 4.         Canalis      :    Saluran CANALIS OPTICUS         5.         Ductus       :    Pembuluh DUCTUS DEFERENS         6.         Meatus      :    Liang EXTERNAL ACOUSTIC MEATUS 7.         Cavum       :    Rongga CAVUM ORIS (RONGGA MULUT) DAN CAVUM NASI (RONGGA H

ANATOMI: OTOT PADA EKSTREMITAS INFERIOR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh . Berdasarkan pada postingan SnoWhite Education mengenai “ ANATOMI: KLASIFIKASI OTOT BERDASARKAN REGIO ”, telah dibahas ada beberapa jenis otot. Berikut adalah postingan yang akan membahas salah satu dari beberapa jenis otot tersebut. Otot banyak jenisnya. Berdasarkan regio, otot dibagi menjadi 4 yaitu caput (kepala), collum, ekstremitas dan truncus. Namun, pada postingan SnoWhite Education hari ini hanya akan membahas salah satu dari keempat jenis otot tersebut, yakni “ ANATOMI: OTOT PADA EKSTREMITAS INFERIOR ”. Otot-otot pada ekstremitas inferior, terbagi menjadi 4. a.       Otot-Otot Glutea Gbr.1. Otot-otot glutea. 1)       M. Gluteus Maximus 2)       M. Gluteus Medius 3)       M. Gluteus Minimus 4)       M. Gemellus Sup 5)       M. Gemellus Inf 6)       M. Tensor Fasciae Latae 7)       M. Piriformis 8)       M. Obturator Int 9)       M. Quadratus Femoris b.       Otot-Otot Femoris ·       

ANATOMI: KATA BENDA YANG MENYATAKAN BANGUNAN MELENGKUNG

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh . Berdasarkan postingan sebelumnya mengenai “ ANATOMI: ANATOMI DASAR ”, berikut adalah lanjutan pembahasan salah satu dari beberapa istilah yang sering digunakan dalam ilmu anatomi. Postingan SnoWhite Education kali ini akan membahas tentang istilah latin yang sering digunakan berdasarkan “Kata benda yang menyatakan bangunan melengkung”. 1.         Fossa         :    Nama umum untuk lengkungan (Lihat nomor 2). Salah satu contoh fossa , pada nomor 2. 2.         Fossula      :    Fossa yang kecil 3.         Fovea        :    Lekuk yang agak rata (Lihat nomor 1). Salah satu contoh fovea , pada nomor 1. 4.         Foveola     :    Fovea yang kecil 5.         Sulcus        :    Alur (Lihat nomor 5 dan 13 pada gambar, salah satu contoh sulcus) Salah satu contoh sulcus , pada nomor 5 dan 13. Salah satu contoh sulcus , pada nomor 12, 13 dan 14. 6.         Incisura     :    Takik (Lihat nomor 11).