Langsung ke konten utama

ANATOMI: PERAN OTOT TERHADAP SUATU GERAKAN



Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Berdasarkan pada postingan SnoWhite Education mengenai “ANATOMI: MYOLOGI (OTOT)”, telah dibahas ada beberapa poin penting mengenai myologi (otot), salah satunya adalah konstraksi otot. Berikut adalah salah satu postingan yang penting juga untuk kalian ketahui, yakni “Peran Otot Terhadap Suatu Gerakan”.
https://image.slidesharecdn.com/ch10themuscularsystem-130227080734-phpapp02/95/ch-10-the-muscular-system-16-638.jpg?cb=1361958024
Gambar 1. Peran Otot


Untuk menghasilkan suatu gerakan yang diinginkan, maka ada otot yang akan berperan sebagai:

1.      Prime Mover (Agonist)
Menjadi penggerak utama untuk menghasilkan gerakan yang diinginkan, misalnya flexi jari-jari tangan; gaya berat dapat juga menjadi prime mover, yaitu manakala seseorang mengangkat suatu benda dan meletakkannya di meja.
https://d2gne97vdumgn3.cloudfront.net/api/file/AOGfveAsTfif6HzQqpyD
Gambar 2. Agonist (prime mover) dan antagonis

2.      Antagonis
Peranan otot yang berlawanan dengan prime mover, misalnya m.triceps brachii yang berperan sebagai antagonis terhadap gerakan flexi dari articulatio cubiti, sedangkan m.triceps brachii sendiri adalah prime mover untuk gerakan ekstensi articulatio cubiti. Gaya gravitasi dapat juga berperan sebagai antagonis, yaitu ketika dilakukan gerakan flexi pada articulatio cubiti dari posisi anatomi. Pada peran antagonis, myofibril daoat menjadi bertambah panjang atau berada pada keadaan relaks dan berfungsi mengontrol dan menghasilkan gerakan (gerakan menjadi lebih tepat).

3.      Fixator
Memfiksasi persendian lainnya, supaya gerakan yang diinginkan saja yang terjadi, terutama memfiksasi persendian yang berada di bagian proksimal, maka articulatio humeri tidak mengalami perubahan posisi.

4.      Synergis
Sebagai salah satu bagian dari fiksator, misalnya otot prime mover yang melewati dua atau tiga persendian dan gerakan yang dikehendaki adalah pada persendian yang distal, maka persendian di bagian proksimal di fiksasi. Contohnya adalah fleksi jari-jari tangan yang tidak disertai fleksi pergelangan tangan.
https://image.slidesharecdn.com/prof-171002150113/95/prof-laila-muscular-system-2018-24-638.jpg?cb=1506957279
Gambar 3. Peran otot sinergis.

Sekian postingan dari SnoWhite Education kali ini. Semoga bermanfaat, yah. Nantikan postingan SnoWhite Education selanjutnya penjelasan mengenai “ANATOMI: KLASIFIKASI OTOT BERDASARKAN REGIO”.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Makassar, 01 Februari 2018
Salam Penulis,
SnoWhite Education.


DAFTAR PUSTAKA

Bagian Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. 2016. Buku Ajar Anatomi. Makassar: Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANATOMI: KATA BENDA YANG MENYATAKAN LUBANG, SALURAN DAN RUANGAN

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh . Berdasarkan postingan sebelumnya mengenai “ ANATOMI: ANATOMI DASAR ”, berikut adalah lanjutan pembahasan salah satu dari beberapa istilah yang sering digunakan dalam ilmu anatomi. Postingan SnoWhite Education kali ini akan membahas tentang istilah latin yang sering digunakan berdasarkan “Kata benda yang menyatakan lubang, saluran dan ruangan”. 1.         Foramen    :    Lubang (Contoh foramen, lihat kata yang terdaoat foramennya). FORAMEN MAGNUM              2.         Fissure       :    Celah FISSURE (DEEP GROVE)    3.         Apertura    :    Pintu (Untuk contoh, lihat gambar sebelumnya). APERTURA PELVIS SUPERIOR 4.         Canalis      :    Saluran CANALIS OPTICUS         5.         Ductus       :    Pembuluh DUCTUS DEFERENS         6.         Meatus      :    Liang EXTERNAL ACOUSTIC MEATUS 7.         Cavum       :    Rongga CAVUM ORIS (RONGGA MULUT) DAN CAVUM NASI (RONGGA H

ANATOMI: OTOT PADA EKSTREMITAS INFERIOR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh . Berdasarkan pada postingan SnoWhite Education mengenai “ ANATOMI: KLASIFIKASI OTOT BERDASARKAN REGIO ”, telah dibahas ada beberapa jenis otot. Berikut adalah postingan yang akan membahas salah satu dari beberapa jenis otot tersebut. Otot banyak jenisnya. Berdasarkan regio, otot dibagi menjadi 4 yaitu caput (kepala), collum, ekstremitas dan truncus. Namun, pada postingan SnoWhite Education hari ini hanya akan membahas salah satu dari keempat jenis otot tersebut, yakni “ ANATOMI: OTOT PADA EKSTREMITAS INFERIOR ”. Otot-otot pada ekstremitas inferior, terbagi menjadi 4. a.       Otot-Otot Glutea Gbr.1. Otot-otot glutea. 1)       M. Gluteus Maximus 2)       M. Gluteus Medius 3)       M. Gluteus Minimus 4)       M. Gemellus Sup 5)       M. Gemellus Inf 6)       M. Tensor Fasciae Latae 7)       M. Piriformis 8)       M. Obturator Int 9)       M. Quadratus Femoris b.       Otot-Otot Femoris ·       

ANATOMI: KATA BENDA YANG MENYATAKAN BANGUNAN MELENGKUNG

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh . Berdasarkan postingan sebelumnya mengenai “ ANATOMI: ANATOMI DASAR ”, berikut adalah lanjutan pembahasan salah satu dari beberapa istilah yang sering digunakan dalam ilmu anatomi. Postingan SnoWhite Education kali ini akan membahas tentang istilah latin yang sering digunakan berdasarkan “Kata benda yang menyatakan bangunan melengkung”. 1.         Fossa         :    Nama umum untuk lengkungan (Lihat nomor 2). Salah satu contoh fossa , pada nomor 2. 2.         Fossula      :    Fossa yang kecil 3.         Fovea        :    Lekuk yang agak rata (Lihat nomor 1). Salah satu contoh fovea , pada nomor 1. 4.         Foveola     :    Fovea yang kecil 5.         Sulcus        :    Alur (Lihat nomor 5 dan 13 pada gambar, salah satu contoh sulcus) Salah satu contoh sulcus , pada nomor 5 dan 13. Salah satu contoh sulcus , pada nomor 12, 13 dan 14. 6.         Incisura     :    Takik (Lihat nomor 11).